Kamis, 28 Mei 2009

Pertanian dasar

Mengenal ilmu Tanah


PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dengan memperhatikan tanah yang mempunyai sipat tanah yang berbeda yang dapat mempengahi kesuburan tanah, maka kiranya perlu adanya peningkatan pengetahuan dalam upaya mengetahui faktor yang mempengaruhi hal tersebut diatas, karena tanah merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pertanian.

Bayak tanah yang dikelola namun kadang hasilnya kurang memuaskan walaupun dilakukan pengelolaan yang optimal dari segi teknis, dalam hal ini perlu adanya penggakajian dari segi sipat tanah tersebut.

Dan perlu jadi pengkajian juga dari segi keseimbangan usur hara makro dan mikro juga kelangsungan hidup mikro organisme dalam tanah, selain memperhatikan dari segi alami juga ada upaya yang dapat dilakukan dari segi teknis untuk mengetahui tingkat kesuburan dan sipat tanah yaitu dengan pengukuran pH, pengukuran suhu dan mengetahui tekstur tanah, stuktur tanah serta warna tanah.

B. Maksud dan Tujuan.
Tujuan dari praktikum lapangan ini untuk menyatukan antara teori dan keadaan lapangan dalam upaya mengetahui sifat pisik tanah dalam memahami keadaan tanah kalau dilihat dari segi :
1. pH Tanah
2. Suhu Tanah
3. Tekstur Tanah
4. Stuktur Tanah
5. Warna Tanah
Yang mana dari hal tersebut dapat diambil gambaran mengenai keadaan tanah baik dari kesuburan tanah dan sipat tanah.


BAB. II
PROSEDUR PELAKSANAAN PRAKTIKUM

A. Persiapan Alat Dan Bahan

1. Soil Tester
2. Gelas Ukur
3. Bor Tanah

B. Metode Pelaksanaan
Metode yang dilaksanakan dengan cara langsung mengamati ( Visual obyek ) yang dilakukan melalui pengukuran Ph, suhu dan pengeboran tanah.

C. Langkah Kerja pelaksanaan Praktikum
1. Penentuan Titik penelitian
Titik penelitian dilakukan dengan cara acak dengan kombinasi diagonal (Persegi) dan ada juga dengan cara jigjag. Dalam penentuan titik ini dilakukan berdasarkan keadaan medan lapangan dengan jarak antar titik + 50 - + 30 m

2. Pengukuran pH
Pengukuran pH dilakukan untuk mengetahui sipat tanah apakah basa, masam atau netral. Dengan mengetahui Ph banyak hal mamfaat yang akan dipereloh baik untuk pengelolaan berikutnya maupun jenis pupuk yang akan diberikan.
Pengukuran pH dilakukan dengan cara menekan ujung soil Tester Ke dalam Tanah, namun ada hal yang perlu diperhatikan yaitu dalam ujung soil tester perlu selalu bersih baik dari tempelan tanah bekas maupun dari hal lain yang dapat menggangu kerja soil testet.



3. Warna Tanah
Pengambilan sample warna tanah dapat diambil maksimal dari permukaann tanah 20 cm ( top Soil ). Pengamatan warna tanah lakukan untuk mengetahui kesuburan tanah.

4. Suhu Tanah
Suhu tanah dapat diukur dengan menggunakan Thermometer tanah. Pengukuran suhu tanah dapat dilakukan dengan cara menancapkan thermometer kedalam tanah dengan ukuran kedalam minimal 20 cm dari permukaan tanah.

5. Tekstur Tanah
Tekstur tanah dilakukan untuk mengetahui apakah tanah bersipat liat, lempung dan lainnya. Tekstur tanah dapat dilakukan dengan cara meletakan sedikit tanah pada dua jari tangan kemudian dipirit, dengan demikiam akan dapat dirasakan dan di ambil.

6. Komposisi Dominan dalam Tanah
Komposisi Dominan dalam tanah maksudnya adalah apakah tanah tersebut kaya bahan organik atau kandungan lainnya, Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengambil sedikit tahan dari kedalam maksimal 20 Cm atau tanah dari ujung bor, kemudian tanah tersebut di masukan kedalam gelas ukur dengan dicampur air lalu dikocok – kocok hingga mengaduk dan didiamkan dalam waktu tertentu. Alhasil komposisi tanah dapat diketahui.







BAB. III. TINJAUAN PUSTAKA

TANAH
Tanah bagi petani ialah tempat bercocok tanam yang tersusun atas beberapa bagian batuan, mineral, bahan organik yang membusuk atau lapuk pada lapisan atas karena waktu.
mengapa tidak semua tanah dapat ditumbuhi tanaman dengan subur ?karena ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan tanah diantaranya :
A. pH Tanah / derajat keasaman tanah( Potential of Hydrogen)
B. Suhu Tanah
C. Tekstur Tanah
D. Stuktur Tanah
E. Warna Tanah

A. pH Tanah
Sukses dan tidaknya bercocok tanam bergantung pada pH atau derajat keasaman tanah itu sendiri apakah asam atau basa. Bila tanah tersebut terlalu asam atau basa maka tanaman tersebut akan tumbuh kurang sempurna, sekalipun masih bisa saja tumbuh dan menghasilkan
Derajat keasaman itu sendiri terhitung dari mulai angka 1 sampai dengan angka 14. Apabila angka menujukan < 7 maka tanah tersebut asam, tetapi bila angka pada pengukuran menunjukan > 7 maka tanah tersebut basa. Hampir setiap tanaman sangat menyukai keadaan tanah yang netral, yaitu tanah yang memiliki derajat keasaman 7 atau mendekati 7. Tapi tidak semua tanaman menghendaki tanah yang netral ada beberapa jenis tanaman yang menghendaki tanah yang sedikit asam dan ada juga beberapa jenis tanaman yang meng hendaki tanah yang sedikit basa.
Untuk mengusahakan tanah menjadi netral atau setidaknya mendekati netral harus ada beberapa perlakuan, yaitu pengapuran pada tanah asam dan memberikan belerang pada tanah basa.

Aturan pemberian kapur beserta jenis kapur yang tertera pada Soil tester


No pH volume of soil Carbonate of lime per Ha
Ca CO3 (batu gamping) Slaked lime
per Ha
Ca O (kapur sirih) Caustic lime
per Ha
Ca (OH)2 (tepung kapur)
1 4.0 1690 kg 1610 kg 1130 kg
2 4.5 1500 kg 1430 kg 1020 kg
3 5.0 1130 kg 1050 kg 720 kg
4 5.5 750 kg 720 kg 530 kg
5 6.0 380 kg 340 kg 270 kg
6 6.5 sedikit sedikit sedikit
7 7.0 Tidak ada perlakuan Tidak ada perlakuan Tidak ada perlakuan
Beberapa keuntungan memberikan kapur pada tanah asam :
 menaikan derajat keasaman
 struktur tanah menjadi baik dan dampaknya kehidupan mikroorganisme dalam tanah akan lebih giat, dengan demikian proses pelapukan pun akan lebih cepat
 .melarutkan zat-zat yang bersifat racun bagi tanaman dan mengurangi pencucian
 leluasa menanam semua jenis tanaman.

B. Suhu Tanah
Suhu tanah yang dikehendaki oleh tanaman adalah suhu tanah yang optimal yaitu antara 18 C sampai dengan 28 C. suhu tanah berpengaruh terhadap penyerapan unsur hara dalam tanah oleh akar. Suhu udara dalam tanah akan berubah ia akan ter pengaruh oleh iklim sekitar. Kandungan airpun akan mempengaruhi terhadap tinggi rendahnya angka pada termometer.

C. Tekstur Tanah
Tekstur tanah ialah kandungan pasir, debu dan liat dalam suatu volume tanah.
Terdapat 12 tekstur tanah berdasarkan kandungan pasir, debu dan liat
Tekstur tanah Tanda symbol
1. Pasir
2. Paisr berlempung
3. Lempung
4. Lempung berpasir
5. Lempung berdebu
6. Lempung berliat
7. Lempung liat pasir
8. Lempung liat berdebu
9. Debu
10. Liat
11. Lliat berpasir
12. liat berdebu S
P
L
O
A
E
M
B
U
C
G
D

D. Stuktur Tanah
Struktur tanah yang banyak dikehendaki oleh tanaman ialah tanah yang gembur. Pada struktur tanah ini terdapat ruang pori-pori yang dapat di isi oleh air dan udara yang sangat penting untuk pertumbuhan akar tanaman, keadaan seperti ini juga akan menjadikan temperatur setabil dan dapat memacu pertumbuhan mikro organisme yang membantu proses pelapukan bahan organik.
Struktur tanah yang tidak dikehendaki ialah tanah yang padat. Tersusun atas partikel-partikel yang sangat kecil.Apabila terkena air ia mempunyai banyak kekurangan seperti tanah menjadi liat dan menggumpal, air menggenang hingga tanah menjadi lembab dan peredaran udara yang sangat lambat.kemudian bila tanah ini kering akan menggumpal dan memutus sistem perakaran.

E. Warna Tanah
Warna tanah adalah salah satu indikator kesuburan tanah .dari mulai merah hingga tanah yang hitam. Warna hitam menempati urutan teratas dalam hal kesuburan tanah
BAB. IV. LOKASI PENGAMBILAN SAMPLE DAN HASIL PENELITIAN

A. Likasi pengambilan sample
1) Titik Sample Samarang
Titik sample di Samarang diambil dari tanah yang berada dilokasi kebun bambu dengan pengambilan sample persegi

2) Titik Sample Cikajang
Titik sample di Cikajang diambil dari tanah yang berada dilokasi kebun olahan (Kebun Tanaman Sayuran) dengan pengambilan sample persegi

3) Titik Sample Badega
Titik Sample badega diambil dari gabungan contoh yang komplek.dengan bentuk pengambilan jig-jag. titik pertama dan kedua diambil dari tanah miring pinggir jalan yang penuh dengan ilalang, titik yang kedua diambil dari tanah yang sering kali dipakai untuk berjalan, sedang kan titik keempat dan kelima diambil dari kebun olahan (kebun singkong dan umbi jalar).pengambilan sample yang sangat rumit karena keadaan lahan hingga menghasilkan sample

4) Titik Sample Gunung Gelap
Titik Sample gunung gelap diambil dari lokasi hutan gunung gelap diatas makam Cihideung. Tanah yang kaya akan humus karena bukan tanah olahan. Lokasi inipun sangat sulit dalam pengambilan sample. Karena daerah tersebut masih hutan yang penuh semak, tanah yang miring dan terpotong olen jalan raya Pameungpeuk. Jadi lokasi pengambilan dua titik kami tempatkan disebelah atas jalan dan tiga titik lainnya diselah bawah jalan.

5) Titik Sample Sayang Heulang
Titik Sample Sayang Heulang kami ambil beberapa kilo meter jaraknya dari pantai.

B. Hasil Penelitian
Warna hitam kecoklatan coklat kehitaman kuning kemerahan coklat kemerahan coklat kemerahan
struktur remah gembur remah gembur padat bergumpal padat padat
Tekstur liat berpasir lempung liat lempungberpasir liat berpasir liat berpasir
Suhu 20 28 23 22 28
pH 6.2 6.8 6.5 6.5 6.5
lokasi Samarang Cikajang Badega Gunung Gelap Sayang Heulang

BAB. V. PENUTUP

Kesimpulan

Alhamdilillah kuliah lapangan ini bejalan dengan baik dan memperoleh hasil yang memuaskan dan sesuai dengan yang diharapkan.
Dengan diadakannya praktikum ini kita dapat membandingkan dan membuktikannya langsung bagaimana subur menurut teori dan subur menurut kenyataan dilapangan. Dan juga kuliah lapangan ini menunjukan kepada mahasiswa bagaimana pentingnya nenjaga dan melestarikan kesuburan tanah secara berkesinambungan demi kepentingan pertanian khususnya dan untuk pepentingan umat manusia lainnya.
Dari hasil kuliah langsung dilapangan serta dengan membandingkan antara teori dan keadaan langsung dilapangan maka kami menyimpulkan bahwa tanah subur itu adalah tanah yang mempunyai kedalaman efektif yang cukup dalam, bertekstur lempung, berstruktur remah, pH netral, terdapat banyak mikroorganisme, mempunyai kandungan unsur hara yang cukup bagi tanaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan/komentar bagi ssaya